Kamis, 12 Maret 2009

Sustainability dalam Arsitektur

Kamis,12 Maret 2009
Sustainability UKDW dalam Arsitektur

Dalam ranah Arsitektur sudah terjadi perkembangan yang semakin modern. Semua itu dilakukan dan diciptakan untuk mengikuti minat dari manusia atau mengikuti perubahan alam. Terlebih adanya permasalahan tentang Global Warming yang membuat banyak arsitek memikirkan solusi sebagai persiapan menghadapi alam yang sudah tidak ramah lagi.

Pada akhirnya ISU pemanasan Global menjadi TREN, oleh sebab itu, dalam mata kuliah Teori Arsitektur, para mahasiswa diberi kesempatan untuk memberi opini tentang karya arsitektur di daerah Jogja. Dan objek yang saya pilih adalah Universitas Duta Wacana dimana inilah salah satu karya Arsitektur yang hampir setiap hari saya kunjungi.

Pertanyaannya adalah "APAKAH UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA AKAN TETAP BERTAHAN ?" jawabannya Universitas Kristen Duta Wacana akan bertahan ,karena ditinjau dari bangunan tersebut dapat dipertahankan hingga waktu yang lama. Tetapi dalam bentuk fisiknya saya berpendapat bahwa akan berubah meski tidak secara keseluruhan.

Dalam fungsinya sebagai lembaga pendidikan fasilitas di dalam Universitas ini pasti akan bertambah. Belum lagi jika ada penambahan fakultas seperti fakultas kedokteran yang sedang diusahakan.

Oleh karena itu, bentuk fisik Universitas ini seharusnya diperbesar. Mengingat lahan yang dimiliki tidak luas maka pembanguna fisik Universitas ini lebih baik ditinggikan, agar Universitas ini lebih menarik.

Untuk vegetasi di Universitas ini menggunakan gaya hidup hijau dan bersahabat dengan lingkungan.

Aktivitas sendiri di Universitas ini mungkin akan tetap bertahan seperti sekarang ini.

Segi TIME nya saya berpendapat Universitas ini msih tetap seperti ini asal segenap mahasiswa dan para dosen membantu menjaga kelestarian Universitas ini.

Saya berharap untuk tahun kedepannya Universitas Duta Wacana dapat menarik perhatian masyarakat dalam pembangunannya dan sistem pendidikannya.

Sekian opini dari saya, saya berharap Universitas Duta Wacana lebih baik lagi dari sebelumnya dan bisa berkembang lagi sebagai tempat meraih cita-cita kita.


Tidak ada komentar: